Untuk bersaing di era digital marketing business seperti sekarang ini, tentu tidaklah mudah. Anda perlu menyiapkan berbagai strategi agar bisa bersaing dengan para kompetitor dan siap menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada bisnis Anda. Nah, dalam melakukan digital marketing campaign, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah social media competitor analysis tools mereka.
Cara Menganalisis Kompetitor di Media Sosial
Melakukan analisis terhadap kompetitor di media sosial bertujuan untuk mengetahui seperti apa konten yang mereka buat, lalu mencari tahu faktor yang membuat mereka semakin berkembang dari waktu ke waktu. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat menganalisis pesaing dari produk Anda!
Mengidentifikasi Kompetitor Utama
Paling utama dalam analisis kompetitor adalah mencari tahu siapa sebenarnya kompetitor utama Anda. Caranya, temukan perusahaan atau brand yang menyediakan dan menjual produk atau jasa yang serupa dengan Anda.
Anda juga bisa membuat daftar perusahaan dengan target audiens yang sama, mulai dari jenis produk yang mereka promosikan di media sosial dan website, cara mereka menyelenggarakan campaign digital, apakah menggunakan influencer untuk melakukan promosi atau tidak, dan sebagainya. Semakin detail data dan informasi yang berhasil Anda kumpulkan dalam proses identifikasi ini, semakin baik. Nanti, dari data inilah Anda bisa menemukan langkah paling tepat untuk memenangkan persaingan pasar.
Pilih Media Sosial yang Ingin Anda Pantau
Setelah Anda mengidentifikasi daftar kompetitor dan tujuan yang ingin dicapai, tugas selanjutnya mencari tahu di platform mana kompetitor Anda paling aktif. Anda bisa mencari profil mereka di Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, atau bahkan TikTok.
Di saat yang sama, Anda bisa langsung melakukan riset di mana audiens mereka paling aktif. Ini bisa menjadi gambaran, platform mana yang sebaiknya Anda gunakan saat hendak melakukan kampanye dan menerapkan strategi digital marketing yang lebih tepat sasaran, atau bahkan meningkatkan omset di media sosial.
Lihat Bagaimana Kinerja Media Sosial Mereka
Setelah Anda memilih beberapa media sosial, maka Anda perlu mengidentifikasi bagaimana kinerja mereka dalam mengembangkan media sosial tersebut dari waktu ke waktu. Untuk melakukan hal ini, Anda bisa melihat beberapa hal, seperti profil dan konten mereka.
Pada profil, lihat berapa banyak pengikut yang dimiliki kompetitor, kemudian jumlah rata-rata postingan per minggu, di mana mereka lebih aktif, dan berapa banyak jumlah audiens yang menyukai, memberikan komentar, atau membagikan konten tersebut.
Lihat Strategi Konten Kompetitor
Digital marketing strategist untuk konten yang direncanakan dengan matang merupakan hal yang sangat penting dan sudah menjadi rahasia umum untuk lebih memudahkan dalam mencapai tujuan. Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan audiens. Tentunya kompetitor, sudah lebih dulu membuat konten yang relevan dan menarik. Maka dari itu, Anda perlu melihat detail, apakah mereka membuat konten yang selalu berisi tentang edukasi ataukah yang lainnya.
Selain itu, Anda perlu mengetahui jenis konten apa yang biasanya mereka posting di media sosial. Apakah konten berupa teks, foto, tautan, atau video. Bandingkan rasio antar jenis konten tersebut. Mana yang paling mendominasi dan ramai tanggapan?
Jangan lupa, perhatikan caption dan hashtag pada social media marketing yang mereka terapkan. Lakukan juga identifikasi, apakah jadwal posting konten mereka berupa harian atau mingguan. Hal ini sangat berguna untuk Anda nantinya ketika menyusun jadwal posting konten atau kalender konten media sosial Anda sendiri.