Psikolog perkembangan telah lama tertarik pada bagaimana orang tua memengaruhi perkembangan anak. Namun, menemukan hubungan sebab-akibat yang sebenarnya antara tindakan spesifik orang tua dan perilaku anak di kemudian hari sangat sulit.Beberapa anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang sangat berbeda nantinya dapat tumbuh menjadi memiliki kepribadian yang sangat mirip. Sebaliknya, anak-anak yang serumah dan dibesarkan di lingkungan yang sama dapat tumbuh menjadi memiliki kepribadian yang sangat berbeda. Terlepas dari tantangan-tantangan ini, para peneliti telah mengemukakan bahwa ada hubungan antara gaya pengasuhan dan efek gaya ini terhadap anak-anak. Dan beberapa menyarankan efek ini terbawa ke perilaku orang dewasa.
Pada 1960-an, psikolog Diana Baumrind melakukan penelitian pada lebih dari 100 anak usia prasekolah. Dengan menggunakan observasi naturalistik, wawancara orang tua dan metode penelitian lainnya, dia mengidentifikasi beberapa dimensi penting dalam mengasuh anak. Dimensi ini mencakup strategi disiplin, kehangatan dan pengasuhan, gaya komunikasi, dan ekspektasi kedewasaan dan kendali. Berdasarkan dimensi tersebut, Baumrind menyarankan agar mayoritas orang tua menampilkan satu dari tiga gaya pengasuhan yang berbeda. Penelitian selanjutnya oleh Maccoby dan Martin menyarankan untuk menambahkan gaya pengasuhan keempat. Masing-masing memiliki efek berbeda pada perilaku anak seperti yang dikutip dari berita Sumatra utara hari ini terbaru.
-
Parenting Otoriter
Dalam pola asuh gaya ini, anak diharapkan mengikuti aturan ketat yang ditetapkan oleh orang tua. Kegagalan untuk mengikuti aturan seperti itu biasanya mengakibatkan hukuman. Orang tua otoriter tidak menjelaskan alasan di balik aturan ini. Jika diminta untuk menjelaskan, orang tua mungkin akan menjawab, “Karena saya bilang begitu.” Meskipun orang tua ini memiliki tuntutan yang tinggi, mereka tidak terlalu tanggap terhadap anak-anak mereka. Mereka mengharapkan anak-anak mereka berperilaku luar biasa dan tidak membuat kesalahan, namun mereka hanya memberikan sedikit arahan tentang apa yang harus dilakukan atau dihindari anak mereka di masa depan. Kesalahan dihukum, seringkali hukumannya sangat keras, namun anak-anak mereka sering dibiarkan bertanya-tanya apa sebenarnya kesalahan mereka.tipe parenting otoriter adalah orientasi pada kepatuhan dan status, dan mengharapkan perintah mereka ditaati tanpa penjelasan.Mereka sering digambarkan sebagai orang yang mendominasi dan diktator.
-
Parenting Otoritatif
Seperti orang tua otoriter, mereka yang memiliki gaya pengasuhan otoritatif menetapkan aturan dan pedoman yang diharapkan diikuti oleh anak-anak mereka. Namun, pola asuh ini jauh lebih demokratis. Orang tua yang berwibawa tanggap terhadap anak-anak mereka dan bersedia mendengarkan pertanyaan. Para orang tua ini mengharapkan banyak dari anaknya, tetapi mereka memberikan kehangatan, umpan balik, dan dukungan yang memadai. Ketika anak-anak gagal memenuhi harapan, orang tua ini lebih mengasuh dan memaafkan daripada menghukum.
-
Pola Asuh Permisif
Orang tua permisif , kadang-kadang disebut sebagai orang tua yang memanjakan, sangat sedikit menuntut anak-anak mereka. Orang tua ini jarang mendisiplinkan anak-anak mereka karena mereka memiliki ekspektasi yang relatif rendah terhadap kedewasaan dan pengendalian diri. orang tua yang permisif lebih responsif daripada yang mereka tuntut. Mereka tidak tradisional dan lunak, tidak membutuhkan perilaku yang dewasa, membiarkan pengaturan diri yang cukup, dan menghindari konfrontasi. Orang tua permisif umumnya mengasuh dan komunikatif dengan anak-anak mereka, sering kali mengambil status teman lebih dari sebagai orang tua.
-
Mengasuh Anak yang Tidak Terlibat
pola asuh yang tidak terlibat atau diabaikan. Sebuah gaya pengasuhan tidak terlibat ditandai dengan beberapa tuntutan, tanggap rendah, dan komunikasi sangat sedikit Meskipun orang tua ini memenuhi kebutuhan dasar anak, mereka umumnya terpisah dari kehidupan anak mereka. Mereka mungkin memastikan bahwa anak-anak mereka diberi makan dan memiliki tempat berlindung, tetapi menawarkan sedikit atau tidak sama sekali dalam hal bimbingan, struktur, aturan, atau bahkan dukungan. Dalam kasus yang ekstrim, orang tua ini bahkan mungkin menolak atau mengabaikan kebutuhan anak mereka.