Perkembangan yang pesat membuat teknologi membawa banyak peluang baru untuk menumbuhkan ekonomi nasional. Namun, peluang tersebut justru berbanding lurus dengan kendala yang masih menghadang gerak para pelaku industri kreatif digital. Meski telah muncul di Indonesia berbarengan dengan munculnya sebuah internet di Indonesia. Namun perkembangan startup di Indonesia yang cukup pesat baru memulai merasakan di sekitaran tahun 2010 ke atas. Sejak adanya startup di Indonesia, ada beberapa hal yang sangat esensial dan dapat diatasi dengan munculnya keberadaan platfrom toko online, ojek online, dan pemesanan tiket online. Ketiga perusahaan di bidang tersebut sudah masuk ke dalam kategori unicrn yang berat perusahaan sudah mengantongi valuasi lebih dari US$ 1 miliar.
Berikut ini Tantangan Bagi Startup di Indonesia:
Berikut ini tantangan bagi startup di Indonesia pandangan para investor belum ada lagi yang muncul lagi perusahaan startup yang akan menyalip unicorn di tahun ini karena ada kesenjangan yang cukup signifikan. Belum ada lagi perusahaan yang membantu aktivitas sehari-hari yang dapat menggantikan keberadaan teknologi lama alias jadul . di Indonesia sendiri, masih sangat membutuhkan developer yang berkualitas untuk menjadi kan perusahaan yang masuk ke dalam kategori unicorn. Selain, ide-idenya yang berkembang namun belum ada yang pernah mengalahkan ketiga perusahaan yang di sebutkan di atas. Masih banyak sekali founder yang cenderung ikut-ikutan di banding harus menciptakan tren untuk memajukan bisnisnya . disini kekurangannya.
Membangun startup memang tidak mudah, banyak yang gagal dan berhenti di tengah jalan. Sebuah startup harus didirikan dengan tim yang benar-benar matang. Tanpa Kerja sama tim yang solid bisnis ini tidak akan berkembang dengan sempurna bahkan menimbulkan kegagalan di dalamnya.
Untuk membentuk tim yang solid, Anda dan teman-teman harus memiliki tujuan dan visi misi yang sama, jika tidak ada itu sebaiknya Anda mundur saja karena tidak akan berjalan dengan sempurna. Anda juga harus menetapkan sebuah komitmen di dalamnya bahwa usaha yang di jalankan adalah usaha yang berkelanjutan. dan tim yang solid akan menimbulkan atau mempengaruhi citra bisnis Anda di hadapan para investor dan juga shareholder.
Percaya Diri yang Sangat Penting
Yaps betul sekali, percaya diri kunci yang paling utama dari pelaku startup. Memang sangat sulit menjalankan sebuah bisnis tapi bukan berarti Anda harus patah semangat atau kekurangan percaya diri Ketika bisnis Kamu mengalami kegagalan dan kamu juga jangan kehilangan fokus Ketika Anda sedang jatuh. Ingat gagal bukan berarti tidak untuk bangkit. Kegagalan dalam sebuah bisnis adalah makanan sehari-hari dan kegagalan adalah untuk membuat Anda menjadi berpengalaman dan lebih kuat.
Andalkan Digital Marketing
Benar sekali digital marketing dan starup adalah kuncinya seperti dua hal yang tidak boleh dipisahkan. Tapi sering sekali beberapa startup gagal karena terlalu fokus pada pemanfaatan teknologi digital dan lupa untuk memanfaatkannya untuk pemasaran. Kamu juga sangat bisa mengandalkan Googel ads, SEO dan juga sosial media. Kamu juga perlu mendaftarkan diri kamu pada mesin pencari untuk merespon masukan, membangun sebuah citra, dan juga membangun brand sesuai karakteristik bisnis startup Anda.
Cari Investor
Jika bisnis kamu memiliki perbedaan visi dengan sebuah investor, maka bisnis Anda tidak akan berkembang. Investor besar tidak selalu menguntungkan Anda. Banyak sekali investor yang hanya mencoba memanfaatkan nilai bisnis Anda dan merugikan. Jangan takut dan mengemis-mengemis dengan investor. Jika bisnis Anda sudah memiliki nilai yang baik, maka dengan sendirinya investor sendiri yang datang ke Anda.