Bagi Anda yang masih terhitung pemula atau baru saja mengenal dunia blogging bisa saja masih terasa asing dengan istilah blogroll. Bahkan, tidak sedikit yang bertanya apa sih yang dimaksud dengan blogroll. Adapun pengertiannya adalah daftar tautan yang direkomendasikan dan si pemilik website ingin membagikannya pada pengunjung. Biasanya, blogroll ini ditemukan di bagian sidebar sehingga memudahkan siapa saja yang melihatnya. Nah, di artikel ini akan dibahas tentang cara penggunaannya, bagaimana mendapatkannya yang terbaik sehingga menambah nilai website Anda di mata mesin pencari.
Manfaat blogroll
Seorang blogger akan menggunakan blogroll untuk membantu atau mempromosikan blog teman mereka. Selain itu, untuk memberikan pembaca mereka lebih banyak variasi sumber penting tentang niche tertentu. Adapun blogroll ini dapat diatur berdasarkan preferensi pribadi masing-masing blogger, dan dapat diperbarui setiap saat.
Beberapa pemilik blogger kerap membagi blogroll ke dalam kategori. Sebut saja, seorang blogger yang menulis tentang mobil maka ia akan membagi blogrollnya menjadi beberapa bagian dengan tautan ke blog lain yang dia tulis namun masih setema. Misalnya saja blog lain tentang tips mobil, dan blog lain tentang topik yang bertemakan cara merawat.
Meski tidak ada aturan baku yang menulis bagaimana etika jika ingin menjalankan sistem blogroll namun jika ada pemilik blog memasang tautan ke blog Anda maka Anda harus membalasnya. Tentu saja, ada beberapa hal yang juga menjadi bahan pertimbangan. Misalnya saja isi atau tema yang disajikan apakah sesuai dengan blog Anda atau tidak. Atau, bagaimana dengan tampilannya apakah sekedar asal saja dan lainnya. Tentu, hal ini sangat tergantung dari keputusan Anda sebagai pemilik blog apakah mau menyetujui atau tidak.
Kemudian, etika lainnya adalah dengan cara menghubungi orang yang mencantumkan link blog Anda dan mengucapkan terima kasih karena sudah menambahkan. Sekilas sangat sederhana, namun dampaknya cukup luar biasa bahkan bukan tidak mungkin akan lebih direkomendasikan isi blog Anda. Bagaimana, tertarik?
Nah, yang menjadi persoalan terbesar bagi pemilik blog adalah memantau satu persatu blog mana yang akan dijadikan sebagai blogroll. Selain memakan waktu dan tenaga, jika blog yang Anda miliki banyak tentu perhitungannya tidak sama lagi. Untuk itu, sebagai alternatif Anda bisa menggunakan jasa blogroll premium yang sekarang ini sangat banyak ditawarkan dengan harga yang bervariasi.
Ada paket untuk starter, paket menengah dan paket premium dimana masing masing memiliki fasilitas yang berbeda. Sebagai pemula, ada baiknya memilih paket yang standar guna mengetahui efektif tidaknya layanan yang ditawarkan. Nah, setelah dirasa ada dampaknya bagi kunjungan yang semakin bertambah maka sah sah saja menggunakan paket selanjutnya.
Enaknya lagi, jasa blogroll yang berkualitas akan memberikan laporan secara teratur sehingga Anda mengetahui sudah sejauh mana proses pengerjaannya. Dan satu lagi, blogroll yang Anda pesan akan berlaku selama setahun atau tergantung dari kebijakan si pemberi jasa blogroll.
Intinya, jangan sampai salah pilih jasa yang menawarkan blogroll premium agar tidak memberi dampak buruk bagi website. Selain itu, harga yang boleh dikata cukup mahal sebaiknya benar benar dipertimbangkan dengan baik. Misalnya saja keuntungan yang semakin besar karena kunjungan pun meningkat. Atau, bisa dijadikan sebagai aset digital yang berkualitas dan dapat digunakan kedepannya sebagai pasif income. Yuk, buruan pesan sekarang juga dan dapatkan hasil yang memuaskan dari jasa blogroll premium yang terbaik.